Jumat, 07 Juni 2013

Know When To Let Go

sikap menyerah sering mendapat konotasi negatif. karena udah menjadi hukum alam, kalau orang diharuskan untuk punya keinginan yang kuat dan usaha yang super maksimal untuk mencapai sesuatu. that's so true! tapi sebenernya, ada saat dimana kita harus melepas sesuatu, untuk bisa mendapatkan hal yang baru. when is the time, baca poin berikut ini...

1. The Sake of Happiness
apapun yang kita pertahankan untuk tetap ada dalam kebahagiaan. betul nggak? tapi bukan hidup namanya kalu cuma ambil senengnya doang. rasa stress, kesal, marah, lelah, sedih udah pasti akan muncul, bahkan yang sumbernya dari keluarga kita sendiri. tapi selama hal tersebut masih mendatangkan kebahagiaan, artinya masih worth to be maintained. be honest to yourself, are you happy with it?

2. Courage-Driven VS Fear-Driven
saat kita lagi holding on to something entah itu pacar, jurusan, cita-cita atau kerjaan, analisa apakah "kebersamaan: kita dengan hal tersebut di dasarkan pada keberanian untuk menerima tantangan, atau rasa takut kehilangan dan takut gagal? hati-hati, because it's fear that usually motivates us to desperately cling to something that's no longer working. kuncinya, jangan takut sama perubahan. it always sucks at the beginning, but you will get used to it in no time.

3. Maximum Effort
have you done your best? ini sebenarnya nggak bisa dinilai sama diri kita sendiri, karena kadang kita merasa sudah melakukan segalanya, padahal yang kita lakukan cuma mengulang cara yang salah, lagi dan lagi. setiap gagal dengan satu cara, move on to another strategy. perkaya pengetahuan dengan bertanya pada orang yang lebih berpengalaman, atau baca buku-buku tentang masalah yang lagi kita hadapi. be open to critic and advice, lalu benar-benar mencoba untuk jadi lebih baik. kalau sudah melakukan semua hal diatas tapi nggak membuahkan hasil, you can start to thin that "this is not for me"

4. Time Limit
udah berapa lama kita mengusahakan dan mempertahankan sesuatu bisa juga menjadi bahan pertimbangan 'when to let go'. if it's been going on for years, perhatikan dulu apakah ada kemajuan, walau cuma sedikit? nothing of value comes easily and instanly. jadi wajar kalau butuh waktu lama untuk mendapat sesuatu. tapi kalau nggak ada kemajuan atau bahkan yang ada kemunduran, mulai lirik kiri-kanan untuk option lainnya.

5. Can You See It In Your Future?
this thing that we've been trying to keep, apakah "match" sama gambaran depan kita? misalnya kamu pengen banget jadi pramugari, tapi sebenernya deep down you hate to leave home in such a long time. atau pacar yang super posesif itu, kayaknya engga "masuk" ya sama cita-cita kamu untuk jadi independent career woman. kalau dari sekarang aja udah kelihatan dipaksakan, mau sampai kapan dan buat apalagi dipertahankan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar