BAB 13 : PENGARUH KELUARGA DAN RUMAH TANGGA
Keluarga dan Studi Kasus
Tentang Perilaku Konsumen
Studi tentang
keputusan keluarga
sebagai konsumen kurang lazim dibandingkan studi tentang individu
sebagai
konsumen. Alasan untuk pengabaian dalam studi pembelian keluarga adalah
kesulitan dalam mempelajari tentang keluarga sebagai organisasi. Survey
dan
metodologi penelitian pemasaran lain lebih mudah dijalankan untuk
individu
daripada untuk keluarga. Pemberian kuesioner kepada seluruh keluarga
membutuhkan akses ke semua anggota pada waktu yang lebih kurang sama,
dengan
menggunakan bahasa yang mempunyai makna sama bagi semua anggota
keluarga, dan
menafsirkan hasil ketika anggota dari keluarga yang sama melaporkan
opini yang
bertentangan mengenai apa yang dibeli oleh keluarga atau pengaruh
relative
dalam keputusan tersebut.lasan untuk pengabaian dalam studi pembelian
keluarga
adalah kesulitan dalam mempelajari tentang keluarga sebagai organisasi.
Survey
dan metodologi penelitian pemasaran lain lebih mudah dijalankan untuk
individu
daripada untuk keluarga. Pemberian kuesioner kepada seluruh keluarga
membutuhkan akses ke semua anggota pada waktu yang lebih kurang sama,
dengan
menggunakan bahasa yang mempunyai makna sama bagi semua anggota
keluarga, dan
menafsirkan hasil ketika anggota dari keluarga yang sama melaporkan
opini yang
bertentangan mengenai apa yang dibeli oleh keluarga atau pengaruh
relative
dalam keputusan tersebut.
Penentu Keputusan
Pembelian Pada Suatu Keluarga
Keluarga memiliki
pendapatan
rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan rumah tangga karena jumlah yang
lebih
banyak dari individu yang bekerja di dalam keluarga. Untuk keluarga
mapun rumah
tangga, keempat variabel structural yang paling member dampak pada
keputusan
pembelian dan yang dengan demikian paling menarik bagi pemasar adalah
usia
kepala rumah tangga atau keluarga, status, perkawinan, kehadiran anak
san
status pekerjaan.
Keluarga adalah sama
dengan
perusahaan; keluarga adalah organisasi yang terbentuk untuk mencapai
fungsi
tertentu yang lebih efektif dibandingkan individu yang hidup sendiri.
Fungsi yang
jelas bahwa dua orang dapat mencapai lebih baik daripada satu orang
adalah
mempunyai anak. Walaupun analisis konsumen mungkin tidak mempunyai opini
mengenai apakah keluarha harus mempunyai anak atau tidak. Konsekuensi
ekonomi
dengan hadirnya anak menciptakan struktur permintaan akan pakaian,
makanan,
perabot, rumah, perawatan kesehatan, pendidikan, dan produk lain. Anak
di dalam
keluarga dapat menyebabkan menurunnya permintaan akan produk lain,
seperti
perjalanan, pakaian orang dewasa, dan banyak barang yang bebas dipilih.
Keluarga adalah “pusat
pembelian”
yang merefleksikan kegiatan dan pengaruh individu yang membentuk
keluarga
bersangkutan. Individu membeli produk untuk dipakai sendiri dan untuk
dipakai
oleh anggota keluarga yang lain.
Peranan individu dalam
pembelian
keluarga.
Perilaku peran (role
behavior).
Peranan pasangan hidup
dalam
keputusan pembelian.
Family Life Cycle
(FLC)
Keluarga berubah
bersama waktu,
melewati serangkaian tahap. Proses ini disebut silkus kehidupan keluarga
(SKK).
Walaupun sudah digunakan di dalam literature sejak tahun 1931, konsep
tersebut
mendapat pengaruhnya yang paling luas di dalam penelitian pemasaran oleh
Wells
dan Gubar, dan belakangan di dalam buku karya Reynolds dan Wells, yang
memperhatikan bagaimana siklus kehidupan mempengaruhi perilaku konsumen.
Perubahan Struktur
Keluarga dan Rumah Tangga
Memahami perubahan
struktur
keluarga dan pengaruhnya terhadap pengambilan keputusan sebagai
konsumen.
Keputusan membeli dalam keluarga di pengaruhi oleh keadaan sudah menikah
atau
belum, ukuran jumlah anggota keluarga, hal tersebut mempengaruhi jumlah
belanjaan yang akan dibeli maupun budget yang akan di siapkan untuk
mengambil
keputusan dalam hal membeli suatu barang. Banyak dari mereka benar-benar
menghitung jumlah pengeluaran mereka sesuai dengan keadaan yang mereka
hadapi
dalam keluarga mereka sehari-hari, mana yang sekiranya menjadi keputusan
yang
utama mana yang belum menjadi prioritas saat itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar