PROPOSAL
PENELITIAN
Judul Penulisan Ilmiah : ANALISA BIAYA DISTRIBUSI DAN
KUALITAS PELAYANAN DALAM
MENINGKATKAN HASIL PENJUALAN PT. SARI MELATI KENCANA,PIZZA HUT
Nama : Dwi Septiani
NPM
: 12210211
Fakultas/Jurusan
: Ekonomi/Manajemen
Jenjang
studi : S-1 Manajemen
BAB
I
PENDAHULUAN
Latar
Belakang Masalah
Melihat kondisi sekarang ini di mana persaingan dalam dunia usaha
semakin ketat, maka untuk menghadapi situasi dan keadaan yang
demikian pengusaha harus mampu serta cepat dan tanggap dalam
mengambil keputusan agar perusahaan yang didirikan dapat berkembang
dengan baik. Mendirikan suatu perusahaan bukanlah hal yang mudah,
namun memelihara dan mengembangkan perusahaan yang sudah didirikan
tersebut merupakan suatu pekerjaan yang jauh lebih sulit.
Masalah-masalah akan selalu muncul baik dari dalam perusahaan maupun
dari luar perusahaan. Pada prinsipnya setiap perusahaan tatkala
menjual produk-produknya akan dihadapkan dengan strategi maupun
teknik penjualan yang bagus, sehingga komoditas yang ditawarkannya
dapat terjual dengan baik.
Adapun salah satu teknik penjualan yang dimaksud adalah terkait
dengan bagaimana dan seberapa tinggi kualitas pelayanan yang
diberikan terhadap konsumen. Kualitas pelayanan yang diberikan adalah
merupakan kinerja terpenting oleh perusahaan bagi kepuasan konsumen.
Perusahaan harus memperhatikan hal-hal penting bagi konsumen, supaya
mereka merasakan kepuasan sebagaimana yang diharapkan. Pada dasarnya
kepuasan konsumen mencakup perbedaan antara tingkat kepentingan dan
kinerja atau hasil yang dirasakan.
Dan hakikatnya kepuasan konsumen merupakan evaluasi purna beli di
mana alternatif yang dipilih sekurang-kurangnya dapat memberikan
hasil (outcome) sama atau melampaui harapan konsumen, sedangkan
ketidakpuasan dapat terjadi apabila hasil yang diperoleh tidak
memenuhi harapan yang diinginkan konsumen. Terdapat lima dimensi yang
dirancang untuk mengukur kualitas pelayanan yang didasarkan pada
perbedaan antara nilai harapan dengan nilai kinerja yang dirasakan
oleh konsumen yaitu : Reliability, Responsiveness,
Assurance, Emphaty dan Tangibles. Masalah
pelayanan sebenarnya bukanlah hal yang sulit atau rumit, tetapi
apabila hal ini kurang diperhatikan maka dapat menimbulkan hal-hal
yang rawan karena sifatnya yang sangat sensitif.
Sistem pelayanan perlu didukung oleh kualitas pelayanan, fasilitas
yang memadai dan etika atau tata krama. Sedangkan tujuan memberikan
pelayanan adalah untuk memberikan kepuasan kepada konsumen, sehingga
berakibat dengan dihasilkannya nilai tambah bagi perusahaan. Kita
ketahui bisnis Rumah Makan merupakan suatu bentuk usaha yang
menawarkan pelayanan jasa, oleh sebab itu manajemen Rumah Makan harus
mampu
mengetahui kebutuhan serta keinginan yang mampu menciptakan kepuasan
bagi konsumennya. Dalam hal ini peranan pemasaran jasa menjadi hal
yang penting dalam memasarkan produk Rumah Makan. Ini diperketat
dengan semakin tingginya persaingan pada industri Rumah Makan. Untuk
dapat bersaing, salah satu strategi pemasaran yang diambil oleh usaha
Rumah Makan adalah dengan membuat produk unggulan. Ini tentunya
merupakan salah satu strategi yang memberikan keunggulan bagi usaha
tersebut agar tetap bertahan.
Keputusan mengenai saluran distribusi merupakan salah satu keputusan
paling penting yang di hadapi manajemen. Saluran distribusi yang di
pilih perusahaan mempengaruhi seluruh keputusan pemasaran lainnya.
Penetapan harga produk perusahaan tergantung apakah perusahaan
menggunaka pedagang besar atau pengecer yang berkualitas tinggi.
Dalam konsep pemasaran, penentu dan pengelolaan saluran distribusi
merupakan salah satu pekerjaan yang penting karena nasib perusahaan
tergantung pada seluruh pemasaran agar produksinya sampai ke tangan
konsumen.
Berkaitan dengan uraian tersebut di atas, penulis memilih Pizza Hut
Kalimalang sebagai objek penelitian. Perusahaan ini adalah sebagai
distributor dari PT. Sari Melati Kencana yang bergerak di bidang
industri rumah makan yang mempunyai jaringan distribusi yang
berkembang dan mempertahankan penjualan disaat perekonomian lesu.
Perumusan
dan Batasan Masalah
Rumusan masalah
1. Bagaimana Restoran Pizza Hut Kalimalang
memberikan kualitas pelayanannya kepada pelanggan ?
2. Adakah hubungan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan
konsumen?
3. Berapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan
konsumen?
4. adakah hubungan biaya distribusi denga peningkatan hasil
penjualan?
Batasan Masalah
Dalam pembahasan penulisan ilmiah ini penulis hanya membahas tentang
hal yang berhubungan dengan tema utama penelitian yakni mengenai
analisa biaya distribusi dan pengaruh kualitas pelayanan dalam
meningkatkan penjualan. Data hasl penjualan dari tahun 2009-2011.
Tujuan
Sesuai dengan masalah yang di hadapi, makan tujuan penelitian dapat
dinyatakan sebagai berikut :
- Untuk mengetahui bagaimana kegiatan pelayanan yang di lakukan oleh perusahaan.
- Untuk mengetahui hubungan dan pengaruh biaya distribusi terhadap tingkat penjualan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar