Rabu, 05 Desember 2012

BAB I (PENDAHULUAN)


PROPOSAL PENELITIAN
Judul Penulisan Ilmiah : ANALISA BIAYA DISTRIBUSI DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM
MENINGKATKAN HASIL PENJUALAN PT. SARI MELATI KENCANA,PIZZA HUT
Nama : Dwi Septiani
NPM : 12210211
Fakultas/Jurusan : Ekonomi/Manajemen
Jenjang studi : S-1 Manajemen




BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah
Melihat kondisi sekarang ini di mana persaingan dalam dunia usaha semakin ketat, maka untuk menghadapi situasi dan keadaan yang demikian pengusaha harus mampu serta cepat dan tanggap dalam mengambil keputusan agar perusahaan yang didirikan dapat berkembang dengan baik. Mendirikan suatu perusahaan bukanlah hal yang mudah, namun memelihara dan mengembangkan perusahaan yang sudah didirikan tersebut merupakan suatu pekerjaan yang jauh lebih sulit. Masalah-masalah akan selalu muncul baik dari dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan. Pada prinsipnya setiap perusahaan tatkala menjual produk-produknya akan dihadapkan dengan strategi maupun teknik penjualan yang bagus, sehingga komoditas yang ditawarkannya dapat terjual dengan baik. 

Adapun salah satu teknik penjualan yang dimaksud adalah terkait dengan bagaimana dan seberapa tinggi kualitas pelayanan yang diberikan terhadap konsumen. Kualitas pelayanan yang diberikan adalah merupakan kinerja terpenting oleh perusahaan bagi kepuasan konsumen. Perusahaan harus memperhatikan hal-hal penting bagi konsumen, supaya mereka merasakan kepuasan sebagaimana yang diharapkan. Pada dasarnya kepuasan konsumen mencakup perbedaan antara tingkat kepentingan dan kinerja atau hasil yang dirasakan.
Dan hakikatnya kepuasan konsumen merupakan evaluasi purna beli di mana alternatif yang dipilih sekurang-kurangnya dapat memberikan hasil (outcome) sama atau melampaui harapan konsumen, sedangkan ketidakpuasan dapat terjadi apabila hasil yang diperoleh tidak memenuhi harapan yang diinginkan konsumen. Terdapat lima dimensi yang dirancang untuk mengukur kualitas pelayanan yang didasarkan pada perbedaan antara nilai harapan dengan nilai kinerja yang dirasakan oleh konsumen yaitu : Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty dan Tangibles. Masalah pelayanan sebenarnya bukanlah hal yang sulit atau rumit, tetapi apabila hal ini kurang diperhatikan maka dapat menimbulkan hal-hal yang rawan karena sifatnya yang sangat sensitif.
Sistem pelayanan perlu didukung oleh kualitas pelayanan, fasilitas yang memadai dan etika atau tata krama. Sedangkan tujuan memberikan pelayanan adalah untuk memberikan kepuasan kepada konsumen, sehingga berakibat dengan dihasilkannya nilai tambah bagi perusahaan. Kita ketahui bisnis Rumah Makan merupakan suatu bentuk usaha yang menawarkan pelayanan jasa, oleh sebab itu manajemen Rumah Makan harus mampu
mengetahui kebutuhan serta keinginan yang mampu menciptakan kepuasan bagi konsumennya. Dalam hal ini peranan pemasaran jasa menjadi hal yang penting dalam memasarkan produk Rumah Makan. Ini diperketat dengan semakin tingginya persaingan pada industri Rumah Makan. Untuk dapat bersaing, salah satu strategi pemasaran yang diambil oleh usaha Rumah Makan adalah dengan membuat produk unggulan. Ini tentunya merupakan salah satu strategi yang memberikan keunggulan bagi usaha tersebut agar tetap bertahan.
Keputusan mengenai saluran distribusi merupakan salah satu keputusan paling penting yang di hadapi manajemen. Saluran distribusi yang di pilih perusahaan mempengaruhi seluruh keputusan pemasaran lainnya. Penetapan harga produk perusahaan tergantung apakah perusahaan menggunaka pedagang besar atau pengecer yang berkualitas tinggi. Dalam konsep pemasaran, penentu dan pengelolaan saluran distribusi merupakan salah satu pekerjaan yang penting karena nasib perusahaan tergantung pada seluruh pemasaran agar produksinya sampai ke tangan konsumen.
Berkaitan dengan uraian tersebut di atas, penulis memilih Pizza Hut Kalimalang sebagai objek penelitian. Perusahaan ini adalah sebagai distributor dari PT. Sari Melati Kencana yang bergerak di bidang industri rumah makan yang mempunyai jaringan distribusi yang berkembang dan mempertahankan penjualan disaat perekonomian lesu.

Perumusan dan Batasan Masalah
Rumusan masalah
1. Bagaimana Restoran Pizza Hut Kalimalang memberikan kualitas pelayanannya kepada pelanggan ?
2. Adakah hubungan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen?
3. Berapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen?
4. adakah hubungan biaya distribusi denga peningkatan hasil penjualan?
Batasan Masalah
Dalam pembahasan penulisan ilmiah ini penulis hanya membahas tentang hal yang berhubungan dengan tema utama penelitian yakni mengenai analisa biaya distribusi dan pengaruh kualitas pelayanan dalam meningkatkan penjualan. Data hasl penjualan dari tahun 2009-2011.
Tujuan
Sesuai dengan masalah yang di hadapi, makan tujuan penelitian dapat dinyatakan sebagai berikut :
  1. Untuk mengetahui bagaimana kegiatan pelayanan yang di lakukan oleh perusahaan.
  2. Untuk mengetahui hubungan dan pengaruh biaya distribusi terhadap tingkat penjualan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar