ANALISIS
JURNAL
NAMA : DWI SEPTIANI
NPM : 12210211
KELAS : 3EA13
ANALISIS :
Tema
:
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Konsumen Rumah Makan
Latar Belakang
Kualitas pelayanan menjadi standar
kinerja bagi perusahaan jasa dan merupakan faktor terpenting bagi kepuasan
konsumen/pelanggan. Dalam rangka mengembangkan pemikiran mengenai kualitas
pelayanan dan kepuasan konsumen/ pelanggan, penulis melakukan penelitian
mengenai keterkaitan antara kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen Rumah
Makan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas
pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen Rumah Makan. Dimensi kualitas
pelayanan terdiri dari keandalan, ketanggapan, keyakinan, empati, dan
keberwujudan. Hasil analisis data dengan menggunakan analisis regresi
menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dari segi keandalan dan empati berpengaruh
secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, sehingga dapat disimpulkan bahwa
untuk meningkatkan kepuasan konsumen, maka pihak Rumah Makan harus meningkatkan
kualitas pelayanan dari segi keandalan dan mempertahankan kualitas pelayanan
dari segi empati.
Melihat
kondisi sekarang ini di mana persaingan dalam dunia usaha semakin ketat,
maka
untuk menghadapi situasi dan keadaan yang demikian pengusaha harus mampu serta
cepat
dan tanggap dalam mengambil keputusan agar perusahaan yang didirikan dapat
berkembang
dengan baik.
Mendirikan
suatu perusahaan bukanlah hal yang mudah, namun memelihara dan
mengembangkan
perusahaan yang sudah didirikan tersebut merupakan suatu pekerjaan
yang
jauh lebih sulit. Masalah-masalah akan selalu muncul baik dari dalam perusahaan
maupun
dari luar perusahaan.
Pada
prinsipnya setiap perusahaan tatkala menjual produk-produknya akan
dihadapkan
dengan strategi maupun teknik penjualan yang bagus, sehingga komoditas yang
ditawarkannya
dapat terjual dengan baik. Adapun salah satu teknik penjualan yang
dimaksud
adalah terkait dengan bagaimana dan seberapa tinggi kualitas pelayanan yang
diberikan
terhadap konsumen. Kualitas pelayanan yang diberikan adalah merupakan kinerja
terpenting
oleh perusahaan bagi kepuasan konsumen. Perusahaan harus memperhatikan hal-
hal
penting bagi konsumen, supaya mereka merasakan kepuasan sebagaimana yang
diharapkan.
Pada dasarnya kepuasan konsumen mencakup perbedaan antara tingkat
kepentingan
dan kinerja atau hasil yang dirasakan. Dan hakikatnya kepuasan konsumen
merupakan
evaluasi purna beli di mana alternatif yang dipilih sekurang-kurangnya dapat
memberikan
hasil (outcome) sama atau melampaui harapan konsumen, sedangkan
ketidakpuasan
dapat terjadi apabila hasil yang diperoleh tidak memenuhi harapan yang
diinginkan
konsumen.
Terdapat
lima dimensi yang dirancang untuk mengukur kualitas pelayanan yang
didasarkan
pada perbedaan antara nilai harapan dengan nilai kinerja yang dirasakan oleh
konsumen
yaitu : Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty dan Tangibles.
Masalah
pelayanan sebenarnya bukanlah hal yang sulit atau rumit, tetapi apabila hal
ini
kurang diperhatikan maka dapat menimbulkan hal-hal yang rawan karena sifatnya
yang
sangat
sensitif. Sistem pelayanan perlu didukung oleh kualitas pelayanan, fasilitas yang
memadai
dan etika atau tata krama. Sedangkan tujuan memberikan pelayanan adalah untuk
memberikan
kepuasan kepada konsumen, sehingga berakibat dengan dihasilkannya nilai
tambah
bagi perusahaan. Kita ketahui bisnis Rumah Makan merupakan suatu bentuk usaha
yang
menawarkan pelayanan jasa, oleh sebab itu manajemen Rumah Makan harus mampu
mengetahui
kebutuhan serta keinginan yang mampu menciptakan kepuasan bagi
konsumennya.
Dalam hal ini peranan pemasaran jasa menjadi hal yang penting dalam
memasarkan
produk Rumah Makan. Ini diperketat dengan semakin tingginya persaingan
pada
industri Rumah Makan. Untuk dapat bersaing, salah satu strategi pemasaran yang
diambil
oleh usaha Rumah Makan adalah dengan membuat produk unggulan. Ini tentunya
merupakan
salah satu strategi yang memberikan keunggulan bagi usaha tersebut agar tetap
bertahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar