ANALISIS
JURNAL
NAMA : DWI SEPTIANI
NPM : 12210211
KELAS : 3EA13
ANALISIS :
JURNAL
3
Judul,
Nama pengarang, Tahun
Judul
: Pengaruh Kualitas
Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mie Ayam Fajar Cabang Kelapa Dua
Pengarang : EARL KAMAL DIMARA
Tahun : 2012
Tema :
Daya Tarik Sebuah Rumah Makan Mie Ayam
Fajar Cabang Kelapa Dua Dalam Menarik Konsumen
Latar Belakang Masalah
Di era globalisasi ini persaingan bisnis telah membuat berbagai
perusahaan untuk berlomba merebut dan mempertahankan pangsa pasarnya. Dalam hal
ini salah satu sector yang masuk dalam dunia usaha adalah sector perdagangan.
Khususnya perdagangan di bidang kuliner para penjual harus bisa menemukan
berbagai strategi yang tepat untuk mencapai keunggulan yang kempetitif, dengan
harapan bisa mempertahankan pasar dan memenangkan persaingan.
Konsumen memiliki peluang yang luas untuk mendapatkan produk dengan sederet pilihan sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Karena itu konsentrasi pemasaran tidak lagi sekedar bagaimana produk itu sampai ke konsumen tetapi lebih focus kepada apakah produk itu telah memenuhi permintaan kepuasan konsumen. Untuk itu diperlukan strategi inovasi penjualan terus berusaha agar dapat menarik calon konsumen menjadi konsumen yang potensial. Masalah pelayanan sebenarnya bukanlah hal yang sulit atau rumit, tetapi apabila hal ini kurang diperhatikan maka dapat menimbulkan hal-hal yang rawan karena sifatnya yang sangat sensitif. Sistem pelayanan perlu didukung oleh kualitas pelayanan, fasilitas yang memadai dan etika atau tata krama.
Konsumen memiliki peluang yang luas untuk mendapatkan produk dengan sederet pilihan sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Karena itu konsentrasi pemasaran tidak lagi sekedar bagaimana produk itu sampai ke konsumen tetapi lebih focus kepada apakah produk itu telah memenuhi permintaan kepuasan konsumen. Untuk itu diperlukan strategi inovasi penjualan terus berusaha agar dapat menarik calon konsumen menjadi konsumen yang potensial. Masalah pelayanan sebenarnya bukanlah hal yang sulit atau rumit, tetapi apabila hal ini kurang diperhatikan maka dapat menimbulkan hal-hal yang rawan karena sifatnya yang sangat sensitif. Sistem pelayanan perlu didukung oleh kualitas pelayanan, fasilitas yang memadai dan etika atau tata krama.
Mie Ayam
Fajar yang berada di jalan Akses UI Kelapa Dua ini selain mempunyai cita rasa
mie ayam yang enak dan murah terjangkau, Mie Ayam Fajar ini juga mempunyai
semua fasilitas yang disebutkan diatas. Ia memperhatikan semua hal dari yang
terkecil sampai yang terbesar demi memuaskan konsumennya. Tak heran semakin hari
pelanggan Mie Ayam Fajar ini semakin bertambah.
Rumusan Masalah
-
Bagaimana Mie Ayam Fajar Cabang Kelapa Dua memberikan kualitas pelayanannya
kepada pelanggan ?
- Apakah
pelanggan puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Mie Ayam Fajar
Cabang Kelapa Dua ?
Tujuan Penelitian
Untuk
menganalisa seberapa puas pelanggan dalam menerima kualitas pelayanan yang
diberikan oleh Mie Ayam Fajar Cabang Kelapa Dua.
Metode Penelitian
Jenis Penelitian
Jenis
penelitian yang digunakan penulis adalah jenis penelitian kualitatif dengan
bentuk penelitian deskriptif dan survei yaitu suatu metode pengumpulan
penyajian dan penganalisaan data, sehingga dapat memberikan gambaran yang cukup
jelas mengenai objek yang diteliti dan menarik kesimpulan berdasarkan
penelitian yang dilakukan.
Jenis Data
Jenis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer adalah
data yang dikumpulkan dan disusun oleh peneliti sendiri yang diperoleh melalui
kuesioner,wawancara, atau observasi. Dalam pengumpulan data primer,
penghayatan peneliti terhadap objek yang diteliti merupakan faktor yang sangat
penting, terutama untuk memperoleh informasi kualitatif yang melatarbelakangi
data kuantitatif yang diperoleh.
Teknik Pengumpulan
Data
Penelitian
lapangan adalah penelitian yang dimaksudkan untuk memperoleh
data
primer yaitu data yang diperoleh melalui :
a.
Pengamatan (Observation), yaitu suatu teknik pengumpulan data dengan
mengamati
secara langsung objek yang di teliti.
b.
Wawancara (Interview), yaitu suatu teknik pengumpulan data dengan cara
tanya
jawab dengan pimpinan atau pihak yang berwenang atau bagian lain
yang
berhubungan langsung dengan objek yang diteliti.
c.
Kuesioner (Questionaire), yaitu suatu teknik pengumpulan data dengan
membuat
daftar pertanyaan yang berkaitan dengan objek yang akan
diteliti,
diberikan kepada pelanggan Mie Ayam Fajar.
Variabel
Penelitian
Dalam
penelitian ini variabel yang akan diteliti adalah variable bebas/independen (X)
yaitu variabel yang menjadi sebab terjadinya/terpengaruhnya variable dependen
(Umar, 2002:129) dan variabel terikat/dependen (Y) yaitu variabel yang nilainya
dipengaruhi oleh variabel independen (Umar, 2002:45). Variabel bebas dalam
penelitian ini adalah Makanan, Tempat, kualitas pelayanan dan variabel
terikatnya adalah Kepuasan konsumen.
Metode Analisis
Data
Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Statistik deskriptif
merupakan bidang ilmu statistika yang mempelajari cara-cara pengumpulan,
penyusunan, dan penyajian data suatu penelitian. Tujuan utama statistik
deskriptif adalah untuk memudahkan pembaca mengerti dan memahami maksudnya.
Analisis yang digunakan pertama kali yaitu uji skala likert yang kemudian
dilanjutkan menggunakan uji reabilitas dan validitas agar data tersebut bisa
dilanjutkan menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis korelasi.
Hasil
Pada
penelitian digunakan 2 metode untuk menganalisa data primer yang telah
diperoleh, yakni metode analisa deskriptif dan metode analisa statistik. Metode
analisa deskriptif dalam penelitian ini merupakan uraian atau penjelasan dari
hasil pengumpulan data primer yang berupa kuesioner yang telah diperoleh dari
responden penelitian. Sedangkan metode analisa statistik , selain untuk menguji
uji validitas dan reabilitas dari kuesioner, metode analisa statistik juga
digunakan untuk melakukan analisa regresi berganda.
Rekomendasi
Apabila Mie Ayam
Fajar cabang Kelapa Dua ingin mendapat konsumen (pelanggan) yang banyak, harus
selalu unggul dalam persaingan serta ingin selalu memberikan pelayanan yang
memuaskan konsumen, maka Mie Ayam Fajar cabang Kelapa Dua harus terus
memperhatikan kebutuhan yang selalu diinginkan oleh konsumen dan lebih
meningkatkan pelayanan yang lebih maksimal lagi terutama pada jenis menu dan
fasilitas serta keramah tamahan pelayanan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar