Sabtu, 06 Oktober 2012

PERILAKU KONSUMEN (bagian 4)


EVALUASI ALTERNATIF SEBELUM PEMBELIAN
Kriteria evaluasi
Kriteria dalam evaluasi ini mengacu pada :
1. Pedoman – pedoman tentang program pendidikan jasmani yang berlaku.
2. Persepsi para pengembang program yang teruji secara teoritis.
3. Pertimbangan evaluator
Menentukan alternatif pilihan
untuk menentukan pilihan tersebut dapat dibagi bagi menjadi:
  1. Menentukan Tujuan (Goal)
  2. Menenentukan Kriteria
  3. Menyeleksi pilihan (Alternatif)
  4. Menghitung nilai dari tiap-tiap pilihan
  5. Menentukan yang terbaik
Menyeleksi aturan pengambilan keputusan
Terdapat tiga tingkat pengambilan keputusan konsumen spesifik, yaitu:
  1. Pemecahan masalah yang luas, konsumen membutuhkan berbagai informasi untuk menetapkan serangkaian kriteria yang berguna menilai merek-merek tertentu dan banyak informasi yang sesuai mengenai setiap merek yang akan dipertimbangkan.
  2. Pemecahan masalah yang terbatas, konsumen tetal menetapkan criteria dasar untuk menilai kategori produk dan berbagai merek dalam kategori tersebut.
  3. Perilaku sebagai respon yang rutin, konsumen telah memepunyai beberapa pengalaman mengenai kategori produk dan serangkaian kriteria yang ditetapkan dengan baik untuk menilai berbagai merek yang sedang mereka pertimbangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar